Siang-Siang Lampu Hidup


Hello semua, sudah pada tahu semua kan, kalau riding pada siang hari lampu tetap harus menyala. Itu sudah ditetapkan oleh pemerintah menjadi suatu peraturan. Jadi kita wajib menaatinya. Namun peraturan ini menjadi perdebatan, ada yang setuju ada juga yang enggak dan ada juga yang setengah-setengah (nyalain lampunya kalau pas ada pak polisi saja) hmm. . lupakan sejenak itu semua. Mending ngomongin tentang RPM mesin aja. Loh apa hubungannya dengan lampu menyala? ada dong.

Coba panjenengan rasakan dan dengarkan (untuk motor yang tidak ada indikator rpm) serta pantengin takometer motor anda pada saat mesin bergasing langsam lalu lampu nya dinyalakan. Apa yang terjadi? putaran mesin pasti akan turun, ya walaupun turunnya gak banyak. 50-200rpm an. Ini juga terjadi pada CBR yang saya pegang sekarang (inspirasi). Tiap kali lampu dinyalakan, jarum penunjuk rpm turun sedikit. Penurunan rpm yang lebih besar dapat terjadi di motor yang mempunyai 2 bohlam lampu utama. Penurunan ini terjadi di motor yang menganut sistem kelistrikan lampu sistem AC. Artinya nyala lampu utama disuplai langsung dari arus listrik sepul. Beda lagi dengan motor yang kelistrikan lampunya menganut model DC. Arus listrik untuk bohlam utama disuplai langsung dari aki. Sehingga nyala lampu tidak mempengaruhi putaran mesin.
Ada yang lebih tahu tentang ini? monggo dishare disini… ๐Ÿ˜€

Iklan

22 responses to “Siang-Siang Lampu Hidup

  1. @bro nick : gak begitu berefek pada topspeed kok bro, ๐Ÿ˜‰

    @pak maskur: gak besar pak efeknya itu kejadian normal, kadang jg memang gak begitu terasa. ๐Ÿ™‚

  2. berarti New Jupiter Z, Supra 125 dan beberapa matic honda turun yah mas rpm nya kalau lampu dinyalakan.

    @mas mitra
    cocok mas. Saya udah pernah. Tapi yang versi ga ada shifter lightnya. Kalau yang keren n ada shifter light nya yang merek ragongauge.

  3. Tuk motor dengan kelistrikan AC kayak rata2 motor yg beredar di indo emang akan terjadi penurunan RPM mesin di karenakan adanya beban berlebih pada spul lampu terhadap magnet. Jadi putarannya agak berat dikit

  4. Tuk motor kelistrikan DC kayak honda tiger yo gak ngaruh ma RPM krn d suplai aki. Cirinya adalah saat mesin mati lampu bisa hidup n terangnya lampu tdak sbanding dg RPM alias langsam ato ngebut sami mawon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s