Pendakian Merbabu, kembali lagi setelah 4 tahun yang lalu! part I

image

Berangkat dari Jogja

Hello Semua,

Heuheuheu.. Kayak hasrat yang lama telah terpendam dikeluarkan, Begitu  mungkin ye rasanya bisa ndaki gunung lagi. Kemaren tanggal 25-27 November 2011, berawal dari keinginan yang sudah mucuk pengen ndaki, di grub FB KOBOYS, aku nawarin mas moko untuk jalan-jalan eh ndilalah dia yo pas mau ndaki sama temen-temennya. Oke deh pas mantab kan yooo… Rencana pertama sih mau ke Gunung Merapi, tapi mendadak sore hari waktu telpon  rencana diganti ke Merbabu, weleh..

Yap, Jumat jam 15.30 Aku berangkat dari Wates dengan si cibi membelah jalan wates dan sampe di titik pertemuan di depan gerbang Fakultas Teknik UGM jam 4 kurang lah, gak lama mas moko dateng tapi ternyata cuma titik pertemuan sama mas moko tok, lantas aku di giring ke tempat kost temennya di deket fakultas teknik UNY, lah ngopo gak disitu kumpule ae ya? mboooh mas moko ki :mrgreen: . Nah, dikost kenal lah sama temen temennya mas moko, tercatat ada 2 UG yaitu mbak fatma dan mbak eli plus 1 laki mas imun. Tercatat ada 1 ekor Cibi, 1 ekor MX dan 1 ekor King, yang paling aneh yo apache nya mas moko. Katanya gunungmotor tapi kok nggak mau dipake nanjak ke Selo? beuhh 👿 . Ehm..Namanya juga Endonesia ya, paling suka yang namanya jam karet, rencana berangkat jam 4 eh sidane malah pas adzan maghrib baru berangkat., wkeke gakpopolah dasare yo dah biasa dengan karet. *lho?

Oke, rombongan berangkat dari Jogja tercinta maghrib, karena kali ini  pendakian akan memakai jalur Selo ya tujuan kami ya Selo, mosok Wates? mbalik no.. :mrgreen: Tapi ndidilah kok setelah 3/4 perjalanan tinggal sak nuk an maneh tekan, si Jupi MX  yang dipake mas moko ban belakangnya bocor?  Terpaksa yang tadinya aku berboncengan sama tas carier (padahal mas imun + mas moko mboncengin UG) gantian mboncengin mbak eli, trus mas moko yang bawa carier, setelah sampai di pasar selo, ada inisiatif motor dititipin di polsek, yawis deal, trus gantian naik ke basecampnya, aku korban kan diriku mendekam di polsek sekitar 30 menitan lebih. Usut punya usut, yang bikin lama ternyata sang raja alias king nya mas imun gak kuat nanjak, waduuuhh… :mrgreen: . Tapi emang tanjakannya sadis mas bro, Cibi  aja gak bisa pake gigi 2 waktu nanjak, alhasil temperatur cepet banget naiknya.. berasa nggak tega sama si cibi. Tapi yah sampe Basecamp dengan selamat,

……..More

image

Oke, pukul 22 lebih, kami berangkat setelah mengisi perut sebelumnya, perjalanan dari gerbang jalur pendakian menuju Pos 1 Dok Malang belum begitu nanjak, kami masih menemui hutan semacam pinus & cemara. Jalan agak licin karena emang sehabis hujan. Pertama kali napas agak terengah engah memulai untuk beradaptasi, heu maklum sudah 2 tahun nggak ndaki. Aku sendiri dipercaya oleh mas Moko sebagai Road Captain (halah), padahal belum tau medannya kayak apa, Lha mas Moko tak suruh Semakin di depan gak mau, Dia malah bilang “now you can” :mrgreen: . Setelah berjalan hampir 2,5 jam akhirnya kami sampe di Pos 1 Dok Malang. Karena para UGe nya sudah kelelehan kami putuskan untuk ngecamp di Pos 1 saja. Sebenarnya sih masih kuat nek aku,. heuheuheu.. Buka carier, ambil dome alias tenda, mulai dirakit dan kami pun tidur pulas… walaupun sempet bangun gara gara nggigil kedinginan. Brrr..

Pagi, Bangun gara-gara mendengar suara raungan macan.. bukan karena sunrise, karena sunrise nya ketutupan pepohonan nan lebat! Beneran ini nggak boong. :mrgreen: . Segala perbekalan kami keluarkan semua, satu persatu kami lucuti bungkusnya dan kami makan, tak lupa aku makan roti Arab!. Berusaha mencari kegaduhan mas moko nyetel radio hpnya tapi lagunya gak ada yang bagus blass… Okie rencana mulai jalan lagi jam 7 benar benar tepat waktu. Ndengaren banget! Tak lupa sebelum berangkat bedoa lagi dan meninggalkan sampah kami ditempat! Bukannya nggak bertanggung jawab, ada unsur kesengajaan dari kami supaya bawaan nggak banyak, nah pas pulangnya kami bawa turun. 18 Menit kemudian kami tiba di tikungan macan, emang bener mas bro, pas sampe disana ada macan yang lagi cornering nglibas tikungan S kecil pake Helm Ink dan Knee protector merk Axo, wuih miring abiss! :mrgreen: . Perjalanan kami terus kan setelah si macan gagal finish karena masalah teknis kuku depan si macan sebelah kiri oleng, sayang banget padahal dah di depan lho..

image

Naik lagi, melihat bukit di depan berharap setelah itu puncak… kok tiba tiba tas ku ngowos ada suara preeet.. ternyata ada jahitan yang jebol, untung bisa langsung dijahit sama mekanik dadakan. Pukul 08.18, akhirnya kami sampe di Pos 2 Pandean, duduk bentar, bincang-bincang masalah beratnya tas carier yang dibawa sambil ambil foto sana sini. Lanjut? iyalah.. Jalanan emang sudah agak nanjak nanjak terus sejak sebelum pos 2 walaupun sesekali ada bonustrack nya.. Sampe di kaki bukit ada semacam sabana yang agak luas dan kami dimanja kan oleh Pemandangan Merapi yang cukup untuk mengusir lelah.. istirahat bentar, ambil foto, keluarkan bendera nyanyian kode, jepret sana sini. Lanjut ke Pos 3 Batu Tulis, 10 menit dari sabana tadi, iya emang bener mas bro ada batu segedhe ninja zx-14 yang dicorat-coret, kami nggak berhenti & tetep melanjutkan perjalanan.. Mulai naik ke bukit, para UG mulai tersengkal sengkal nafasnya, kecepatan kami kurangi, nurunin persneling ke posisi 1, Rpm nggak meraum tinggi, kami pantengin di 6000rb rpm, bensin mengucur deras harus kami isi sedikit demi sedikit supaya karburator nggak kering :mrgreen:

To be contineud…………

Foto-foto :

image

image

image

Sampai sabana sebelum pos 3, tampak Gn Lawu

image

image

Halo mas mok!

image

Nyanyian kode!

image

Perjalanan menuju pos 4

image

Iklan

25 responses to “Pendakian Merbabu, kembali lagi setelah 4 tahun yang lalu! part I

    • gunung sindoro sumbing ki mesti ya om, ndaki ne mesti malem jumat :mrgreen:

      Siap, tidak akan meninggalkan sampah kecuali jejak 😉

  1. Gunung Yang Gundul…..pernah kesana..sayang hutan seluas itu hanya rumput…butuh berapa ratus tahun hingga kembali jadi hutan..menghancurkannya tak butuh seratus

  2. Saya tgl 25 siang masbro naik kemerbabu, start dr basecamp jam 15:30. Cm smp batu tulis naik dikit, ga brani lanjut lg gr2 hujan badai. Ngeri….

  3. wah salut mas, aku yang asli boyolali malah blum pernah nyampe puncak merbabu, cuma sekali ikut temen” naek ksana itupun aku cuma nyampe pos I.he ………..

  4. Ping-balik: hari ini berangkat ke Jogjakarta dan Semarang, SMAN 2 BOGOR study tour « vixionr15 !!!

  5. bos bisa bagi infonya ga,gw dari anak2 STMIK jakarta nee mau coba pendakian merbabu,tapi bingung enaknya naek dari jalur mana,kasih saran ya,tanks buat sebelumnya…….

    • Monggo mas, kalau mau enak menurut saya lewat selo ini sip, jurangnya dikit + dapat view merapi selama perjalanan, kalo lewat selo ini, nanti tembusnya langsung ke puncak trianggulasi, kalo mau ke kentheng songo tinggal ke kanan,

      Kalo mau cepet ya lewat wekas mas, tapi jalurnya menurut saya cukup menantang, setelah sampai di sekitaran puncak tower kanan kiri jurang semua, tapi viewnya mantab. Plus kalo mau dapat 7 summitnya merbabu bisa juga..

      cheers 😀

  6. Ping-balik: Merbabu, dolan sekalian berkarya |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s