Air Injection pada Vixion ternyata bikin pusing ECU?

Hello Semua.
Yep, tumbenan nih dini hari gini ada kemauan buat sekedar corat coret diblog kampung yang ngakunya kota ini. :mrgreen: Iyalah tumben gara-gara perut gak bersahabat jadi bangun dengan sendirinya dari tidur. Tujuan pertama mana? Tentu WC buang sial, tapi ada hikmahnya mas broh. bisa sekalian sholat Tahajud. Sunah yang sangat jarang aku lakuin. Kalo ada maunya saja seeh.. :mrgreen: namanya juga manusia. buihihihi..

Oke apa yang mau dishare nih? Jadi ceritanya begini. Temen ku yang vixionnya terkenal gara-gara nampang diblog ini suatu hari diwaktu lampau bilang. “Kok ada yang aneh ya sama vixion ku? Lampu indikator juga kedip kedip terus? Distater juga terseok-seok? Akine tekor po yo han? Kancani aku nyerpiske yukk..”

Aku ayo ayo saja karena emang berhubung nggak ada kerjaan ngikut aja nyerpiske Si Vixion edisi pertama itu ke Beres Yamaha. Cek in  di bengkel niatan langsung ditinggal cari yang seger-seger, sup buah.. eh si mekanik dari beres nelpon dengan polosnya bilang. “mas ini spull pengisiannya kobong, kiproknya hampir koit, akinya tekor, kalo bisa njenengan balik dulu aja ke beres ,yang jelas kalo biaya total bisa sampe 700rb an mas”. Yang ngobrol sama mekaniknya aku seeh, soale temenku itu bener bener gak dong blass soal permotoran, dia seeh maunya tinggal pake . Wong oli aja jarang ganti. Badaaah sekalee :mrgreen:

Si mekanik lagi nunjukin spul yang kobong 🙄

Sampe di beres, si vixion kencang tersebut udah dipreteli dan si mekanik menunjukkan lokasi kobongnya spul pengisian. Buseett sampek ireng  ngono.Akhirnya deal untuk ganti semua kerusakan dan keesokan harinya diambil. Si mekanik bilang kalo jalaran/penyebab ini semua bisa terjadi adalah AI. Si mekanik gak sebut air injection tapi bilang selang yang ujungnya mirip filter oli yang salurannya nyambung ke manifold tersebutlah penyebabnya. Dia bilang gara gara itu, si ECU kebingungan karena jumlah udara yang masuk bercampur dengan bengsin diruang bakar tidak sesuai dengan settingan yang ada. Jadi ECU bekerja keras trus mremen ke yang lain macam spul dan kiprok. Tapi ECU nya sendiri malah gakpapa. Aneh kan ya? Si mekanik kasih saran supaya balikin standar aja daripada kena masalah yang sama. Aku juga nderek mawon karang yo emang dari awal sejak pembelian AI Wis tak wanti wanti kalo vixion itu injeksi, jangan macem macem sama mesinnya.

Tapi setelah mengamati sana sini dan mendapat wejangan yang cukup  rumit, ternyata  bukan AI lah penyebab dari terbakarnya spul pengisian, ini bisa terjadi karena tekornya aki atau karena tidak terawatnya kabel kabel kelistrikan(thanks to bagawan martini)

Terpikir juga  gimana nasib para vixioner yang dengan PD nya nyopot filter udara.. Hmm kasihan mesinnya :mrgreen:  . Kasian mbokk motor canggih gitu je opo gak eman ya..? Oh iya lupa buat mas bro semua bisa dong kasih like fotoku yang ganteng abizz pada kontes narsis otomotifzone.com klik ini ya :mrgreen:

Iklan

57 responses to “Air Injection pada Vixion ternyata bikin pusing ECU?

  1. ada beberapa pk AI gak masalah tp ada beberapa yg pk AI lalu dilepas lg sepertinya memang mesti ada riset atau dicek ulang soal AI ini.

    kl mau ngacir mending di PnP aja kulit jeruknya biar bensin ngaciir jalurnya cmiiw :D.

    • karena emang AI ini prinsipnya hampir sama dengan lepas filter seeh mas.. cuma nambah udara yang masuk aja gak lebih, Setuju tuh, port polish lubang intake emang lebih menyakinkan menambah peforma, sip. 😀

    • makanya, tapi sampe tulisan ini dibuat sang owner belum mau nyopot. katanya skalian aja pas servis berikutnya. ekekek

  2. menurut ane ” analisa yg ngaco ”

    apa hubnya coba spull gosong sama AI..? spull gosong : beban berlebih, tapi yg terpenting ini yang masalah :

    Wong oli aja jarang ganti. Badaaah sekalee

    olinya kasih yg bagusan, jadi spullnya adem, karena oli juga buat ngademin spull bukan mesin doank..

    ane pake vixion dari 2007, blom pernah rusak yg berat2 gitu, dah coba pake ai2an, coil mobil, macam, ngak ada masalah sama ECU nya tuch

    yg penting ganti OLI nya rutin, dan cari yg bagus..

    PIss

    • wooh gitu mas? Itu statmentnya si mekanik. Aku yo heran kan kok ECU nya ndak kenapa-kenapa ki.. Ekekekekek.. :mrgreen:

  3. koyone lho….ecu ngaco gara2 akinya tekor….terbukti distater susah, aki tekor gara2 sepul kebakar….makanya kiprok gak masalah…soale spulnya wis ora ngirim setrum!! nah sepul kobong gara2 kepanasen!! kenapa kok kepanasen?? lihat sejarahnya saja…dari jaman fiz R dan yamaha alpha…motor yamaha lemah disepul….soalnya tidak ada ventilasi buat sepul….kabel2 di motor yamaha juga agak gimana gitu…kurang rapi…so korslet lebih punya peluang yang besar dari pada motor merek lain….

  4. kan ada map yang ngatur kadar Co kan?? mau udara masuk kayak angin ribut kalo sudah diset…maka bengsin akan ngimbangi udara yang masuk..sehingga co yang dihasilkan sesuai dengan campuram udara+bbm…beda cerita nek motormu dikasih ecu yang canggih…misal iso disetting tiap menit dia minum bbm 5cc misalnya….nah kalo injector disetting agar bbm yang masuk jadi 7cc…maka pergantian filter menjadi salah satu tim sukses yang perlu dipikirkan

  5. ane dah 1th pake ai&gp filter tdk apa2 tuh.pemakaian ai(air injection)udah biasa dipergunakan pd motor/mobil injeksi,di ducati disebut cai(cold air injection)prinsip dasarnya sama,memberi pasokan udara dingin.hanya saja untuk vixion co nya mesti diset dari 5 keatas.karena pake ai setelan mesin cenderung kering.

  6. aku udah cabut AI dari vixionku..karena malas harus buka TB nya..sambungan pertama AI dari TB nya yang aku tempel plastik pakai alteco..jadi lubangnya ketutup tuh.masalahnya pakai AI ini…top speednya susah dicapai meski akselerasi meningkat…pas tarik gas ada kedengaran bunyi desis dari sambungan nya..mungkin gara2 bocor atau sambungannya kurang kencang…susah ngatur CO yang pas..

  7. mas,kalo akinya sering tekor itu apanya ya???
    soale aq jg dah ganti sepul,trus dichek kiprok,ECU jg oke…
    naahhh,aki dah bagus pling dibawa lari 30km tuh aki dah tekor N mbrebet2 mlayune mas..
    mohon pencerahane ya mas… 🙂 :*
    matursuwun

    • itu minta ganti aki bro, punya temen saya juga gitu, walaupun akinya udah disetrum beberapa kali tiap servis tetep gak mau normal.. 🙂

  8. Pemasanagan Ai gak mempengaruhi spul & pembacaan ECu. Krn AI di pasang tanpa melewati sensor ECU… Otomatis ECU selalu membaca aliran udara dr filter aja.
    Kalo pengin vixion berubah jadi kencang scr extrame…ya ubah aja sistem injeksinya jadi karburator… Dd demikian bs diaplikasikan CDI unlimiter pd vixion karbu…. Power 19 HP pun pasti didapat…. Kalo udah gini CBR 150 fi tentu bukan lawan sepadan bg vixion karbu…..
    Bagi pemilik jupiter MX bisa pake blok vixion biar jadi MX 150 cc…. power 17 HP pun mudah digapai…

  9. yo wis lah aku milih setandar ae … ben awet …. paling ganti filter alumunium sing jarene free maintenance.
    maturnuwun inpo ne yo dulur2 kabeh

    • kayake gak ada hubungannya antara jatuh dengan topspeed, kecuali emang pas jatuh mesin vixi mu emang trouble.

  10. aki tekor, spull kerja keras gara gara ada rangkain kabel yang short cut dengan bodi alias konslet atau ‘ngeground’…….. bisa juga akine soak,,,, ra gelem nyimpen stroom.

  11. mekaniknya amatiran tuh, tes dong dengan tang amper, coba beban penuh berapa arus yang keluar dari dioda bridge? dari situ baru ketahuan normal ga arus maksimum dari buku manualnya, ecu itu kan cuma komputer, memangnya berapa watt sih daya yang dikeluarkan oleh prosesor yang lagi full kerja?
    oya pasang cai itu juga ga bisa sembarangan, perbandingan bensin:udara itu sudah diperhitungkan berkisar 1:14, penambahan filter bisa membuat udara terlalu banyak (poor) , memang ecu bisa menyesuaikan, tapi apakah rangenya masih masuk dalam settingan ecunya? baiknya setelah pasang cai, cek kadar conya pakai co analyzer …

  12. mtor saya itu ngayun trz gas nya kalo di betot,pdhal kmaren udh ganti spul ,trz lampu nya juga kalo lgi ngdupin lmpu sen ngiyep ngiyep trz.
    kira2 apa nya ya mas ,tlong info nya ya smua.

  13. Ping-balik: Efek negatif metode menambah tenaga pakai Cold Air Induction bisa membuat mesin tidak berfungsi normal dan bahkan rusak | Mengupas berita soal rider dan motor

  14. Ping-balik: Efek negatif metode menambah tenaga pakai Cold Air Induction bisa membuat mesin tidak berfungsi normal | Mengupas berita soal rider dan motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s